Senin, 02 Juli 2012

Perspektif Komputer dalam Pembelajaran


            Komputer berasal dari bahasa latin “computare” yang berarti menghitung. Menurut Donal H sanders, komputer adalah sistem elektronik yang mampu memanipulasi data dengan cepat, tepat dan dirancang serta diorganisasi supaya secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan dalam  memori (stored memory). Dengan demikian maka kita dapat memanfaatkan kecanggihan dan kecepatan komputer untuk mempermudah dan meringankan beberapa tugas, seperti; menyusun laporan, presentasi, membuat grafis/gambar, perhitungan, serta membuat undangan.
            Undang –undang no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menjelaskan bahwa ‘pembelajaran’ adalah suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam lingkungan belajar. Untuk mengaktualisasikan terwujudnya interaksi tersebut harus diciptakan komunitas belajar oleh seorang menejemen kelas yaitu guru. Karena idealnya seorang guru adalah orang yang menguasai ilmu pengetahuan yang tinggi sesuai dengan bidang yang diampu, menguasai teknologi dan informatika, sangat memahami wawasan pendidikan,  mengenal seluruh peserta didiknya dengan baik, mampu merancang  dan melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas dengan setting kelas yang baik menuju pembelajaran yang kondusif, selalu melaksanakan evaluasi dan penilaian secara berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menentukan keberhasilan proses pembelajaran, serta mampu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik baik akademik maupun non akademik. 
            Guru sebagai costumer service dan fasilitator dalam proses pembelajaran harus mampu memberikan fasilitas terbaik bagi perserta didik, sehingga kesuksesan pembelajaran bukan merupakan suatu kebetulan tetapi melalui proses atau desain pembelajaran seperti ; menentukan tujuan pembelajaran, menyusun materi, merencanakan kegiatan pembelajaran, menentukan metode, model, dan evaluasi hasil belajar, yang harus ditulis dalam bentuk draf “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) “ hal tersebut sangat menyita waktu jika tidak ada komputer, tetapi setelah ada komputer sumuanya menjadi lebih mudah dan ringan, selain itu guru dapat dengan mudah mencetak ulang sebagai laporan pada tahun berikutnya serta dapat dengan mudah mengevalusi kekurangan atau kelemahan perencanaan guna perbaikan program dimasa mendatang.
            Tidak semua materi pelajaran atau konsep-konsep ilmu dapat diterima atau dipahami oleh peserta didik cukup dengan penjelasan guru atau melalui membaca, sehingga guru harus mengunakan media sebagai penghubung kejelasan suatu materi/ konsep. Salah satu media yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah menggunakan multimedia presentasi dengan menggunakan komputer tentunya. Dengan komputer guru dapat memperlihatkan berbagai kegiatan diluar kelas tanpa harus membawa siswa keluar kelas, karena komputer dapat menyediakan dan menampilkan berbagai fasilitas seperti ; gambar, foto dan video serta animasi yang luar biasa bagusnya, tentunya jika ditangan guru yang profesional dan menguasai Ilmu Teknologi (IT).
            Pekerjaan guru belum selesai hanya dengan rencana pelaksanaan dan melaksanakan proses pembelajaran, tetapi guru harus melaksanakan evaluasi serta mampu memanfaatkan hasil evaluasi sebagai refleksi yang mampu memberi feedback. Guna mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik dan evaluasi keberhasilan proses belajar mengajar, baik bagi guru maupun bagi peserta didik, maka analisis soal maupun analisis hasil belajar siswa akan lambat dilaksanakan jika secara manual atau menggunakan kalkulator sekalipun., tetapi dengan program aplikasi Microsoft Excel yang tersedia pada komputer semua pekerjaan tersebut akan lebih mudah, cepat, tepat dan akurat. Sekali lagi ini hanya dapat dilakukan oleh guru yang mau memanfaatkan komputer dan mau belajar... Mari kita manfaatkan komputer dalam kegiatan pembelajaran.
           
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar