Selasa, 31 Juli 2012

Multimedia dalam Pembelajaran


Multimedia dalam Pembelajaran

     Multimedia terdiri dari kata  Multi dan media.  Kata “ multi” berarti banyak atau bermacam-macam,sedangkan  kata “media” berarti alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (American Haritage Electrinic Dictionari, 1991). Sehingga multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk texs, audio, grafik, animasi dan video ( materi multimedia, DR. Hudiana, 2012)
    Menurut Holfstetter ;2001, multimedia dalam kontek komputer dapat didefinisikan sebagai pemanfaatan komputer dalam menggabungkan texs, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
        Implementasi pembelajaran yang interaktif dapat dilakukan dengan memanfaatkan multimedia, karena sebuah media dapat berfungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang ingin disampaikan oleh pendidik dengan memperhatikan prinsip-prinsip :
1)      Sederhana dalam arti slide yang digunakan hanya menampilkan hal-hal pokok dan tidak perlu       ditulis secara mendetail, karena audiens diharapkan masih mendengarkan penjelasan sambil menikmati tampilan slide.
2)      Menarik dalam arti slide harus didesain sedemikian rupa agar menarik untuk dinikmati, tidak        terlalu banyak warna dan gambar sehingga pesan yang disampaikan menjadi kurang jelas.
3)  Jelas dalam arti slide yang ditampilkan harus jelas terlihat oleh semua audiens baik gambar maupun tulisan yang ditampilkannya.  
Menurut Confusious dalam Peter Sheal (1989), pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik akan dipengaruhi oleh proses yang dilakukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung, artinya bahwa pembelajaran yang sukses harus menggunakan proses yang paripurna, dengan berbagai strategi dan metoda serta media pembelajaran, karena ada kalanya materi pembelajaran tidak cukup disampaikan dengan hanya mendengar saja tetapi harus melihat dan akan lebih maksimal jika siswa mampu melakukan/praktik, seperti penjelasan tentang hasil belajar yang dikenal dengan nama “confusious kerucut pengalaman belajar seperti gambar dibawah ini:
                                                   
                Berdasarkan confusious kerucut pengalaman belajar tersebut maka multimedia merupakan bagian penting dalam kesuksesan pembelajaran, paling tidak dapat membantu pendidik dalam memperjelas pesan dalam  kompetensi  yang  harus dikuasai oleh peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar