Minggu, 08 Juli 2012

SOFTWARE


SOFTWARE


                Membedakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) pada komputer agak sedikit sulit karena, keduanya terintegrasi dalam satu kesatuan yang disebut komputer , Pada saat kita membeli sebuah program, maka kita sebenarnya sedang membeli perangkat lunak, tetapi untuk membeli perangkat lunak kita harus membeli disk (perangkat keras), jika demikian dimanakah perangkat lunak itu berada?  Perangkat lunak atau software adalah  program yang mendukung untuk operasional  hardware (sadiman 2006), software juga dapat di katakan sebagai  media penyimpan data  dari informasi yang masuk ke dalam sistem komputer (wibopedia.com).
                Software jmemiliki dua fungsi  yaitu
1.       systems software : Includes the operating system and all the utilities that enable the computer to function.
2.       applications software : Includes programs that do real work for users. For example, word processors, spreadsheets, and database management systems fall under the category of applications software.(wiibopedia.com)
                Operating System (OS) adalah sistem operasi yang bertugas mengatur kerja komputer secara mendasar baik pada pengaturan proses maupun mengatur memori internal dan eksternal, beberapa contoh sistem OS yang ada di pasaran adalah :
1.       PC DOS dan MS DOS pada komputer mikro
2.       Sistem operasi UCSD p-System, sistem komputer yang mirip dengan UNIX pada XENIC produc dari Microsoft Corp
3.       CCP/M-86 merupakan sistem operasi  dengan menggunakan password untuk setiap file, fasilitas window, dan kemampuan menjalankan beberapa program secara bersamaan
4.       CP/M-86 digunakan pada komputer Apple
5.       Sistem operasi LINUX untuk menunjang LINUX (Sadiman;2006)




                Utiliti (alat bantu) merupakan elemen sistem program yang bertugas mengerjakan tugas minor dalam hal pengoperasian mesin, misalnya mempersiapkan media disk, membuat duplikat file, menghapus file, memberi proteksi pada file atau software. Contoh program utiliti adalah Norton Utility, PC Tools, Antivirus, MC. Affe.
                Aplikasi perangkat lunak: termasuk program yang melakukan kerja nyata bagi pengguna. Sebagai contoh, pengolah kata, spreadsheet, dan sistem manajemen data base

Tidak ada komentar:

Posting Komentar