Selasa, 25 September 2012

Perspektif Mobile Learning dalam Pembelajaran

             Mobile Learning  atau M- Learning sebagai salah satu bentuk media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi portabel  yang dapat menembus batas waktu dan tempat sehingga dapat dimanfaatkan oleh peserta didik  dimanapun dan kapanpun akan memberikan keleluasaan bagi peserta didik untuk mengakses materi serta mengulang materi (remedial learning) secara bebas sesuai dengan kebutuhan dan kepentingannya.
                Pemanfaatan M- Learning  dalam pembelajaran harus didukung dengan perangkat teknologi informasi seperti komputer, telephon gengam, laptop, tablet PC dan  PDA. M- Learning  dalam pembelajaran harus mampu mengimplementasikan komunikasi bilateral antara pendidik  dengan peserta didik melalui penyajian informasi yang mampu terkoneksi dengan perangkat lain terutama komputer.
                Dalam pembuatan M- Learning biasanya diawali dengan penyusunan multi media  interaktif sehingga harus tersedia teks, gambar/foto, audio dan  video  / animasi yang sudah tersusun dalam file type ppt ( power point).
                Beberapa kelebihan media M – Learning sebagai suatu alternatif dalam pembelajaran adalah :
o   Efektif dan Efisien
o   Tidak terhalang oleh waktu dan tempat
o   Peserta didik dapat tetap memperoleh materi pelajaran meskipun pendidik berhalangan hadir.
o   Dapat menjadi model Simulasi yang menghadirkan pengalaman konkret melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
o   Dapat menjadi model drill yang dapat digunakan sebagai latihan dan diakses secara berulang oleh peserta didik (Remedial teaching)
o   Dapat menjadi model tutorial
o   Dapat diikuti oleh peserta didik dalam jumlah yang besar
o   Dapat memotivasi peserta didik karena disajikan dengan menarik dan menghibur
                Beberapa kekurangan media M – Learning sebagai suatu alternatif dalam pembelajaran adalah keterbatasan perangkat input dan output, kapasitas memori, kemampuan prosesor dan sempitnya layar tampilan serta sumber arus listrik yang mudah habis, serta materi yang hanya berupa resume.
                                     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar